Surga itu sudah ada dan bahkan sudah ada. keyakinan tentang keberadaan surga bukan tanpa dasar. Alloh dan rosulnya telah memastikan tentang keberadaannya. Didalam Alqur’qn dan As Sunah.” Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jbril itu ( dalam rupanya yang asli ) pada waktu yang lain, ( yaitu ) di Sidrotil Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal.” ( An Najm :13 – 15 )
Dalam kisah isro’Mi’roj Nabi memberitahukan tentang surga. Beliau melihat Sidratil Muntaha dan melihat disisinya ada Jannatul Ma’wa Nabi Bersabda,” Kemudian Jibril membawaku pergi hingga berhenti di Sidratil Muntaha,maka Sidrotil Muntaha diliputi warna – warni yang aku sendiri tidak mengetahu apa itu. Lalu beliau bersabdda ” Kemudian aku masuk kedalam surga dan ternyata didalamya bertahtakan mutiara dan debunya terbuat dari misik.” ( Riwayat Bukhari dan Muslim )

Ada lagi khadist yang menceritakan bahwa kita masuk kedalam surga itu bukan karena amalan kita melainkan rahmat dari Alloh. ” Sungguh tidaklah seseorang itu masuk surga karena amalannya. Para sahabat bertanya: ” Demikian juga engkau wahai Rosulullah Shalallahu’alaihi wasallam Beliau berkata: ” Demikian juga saya,melainkan Alloh subhanahu wata’ala melimpahkan rahmat-Nya kepadaku ( Riwayat Al Bukhari dan Muslim )

PINTU PINTU SURGA

Di dalam sebuah hadist Nabi Bersabda: ” Didalam surga terdapat delapan pintu,salah satunya sebuah pintu yang di sebut dengan ” ar- Rayyan “. Tidaklah memasuki pintu tersebut kecuali orang – orang yang berpuasa”.

CIRI FISIK PENGHUNI SURGA

Penghuni Janah memiliki ciri – ciri khusus diantaranya adalah :

Berpawakan seperti Nabi Adam Dari sahabat Abu hurairah, Rosul bersabda: ” Maka setiap orang yang masuk ke al jannah wajahnya seperti nabi ada dan tingginya 60 hasta, setelah adam manusia terus mengecil hingga sekarag.” ( muttafaqun ‘alaihi )

Berusia masih muda Dari sahabat Syahr bn Husyab Rosullaoh bersabda ” Penghuni al jannah akan masuk ke dalam al jannah dengan keadaan rambut pendek,jenggot belum tumbuh,mata bercelak,dan berusia tiga puluh tahun atau tiga puluh tiga tahun.” ( Riwayat At Tirmizi, Di hasankan Asy Syaikh Al Albani)

KUNCI SURGA

Rosulullah bersabda” Bahwa kunci surga adalah persaksian tiada illa( sesembahan) yang berhak disembah kecuali alloh” ( Riwayat Ahmad ) Sedangkan gigi kuncinya adalah rukun – rukun islam

JALAN MENUJU SURGA

Jalan menuju surga disepakati oleh para rosul hanya satu sedangkan jalan menuju neraka ada banyak sekali jalannnya. Alloh berfirman ” Dan bahwa( yang kami perintahkan ) ini adalah jalan-Ku yang lurus,maka ikutilah dia;dan janganlah kamu mengikuti jalan – jalan yang lain,karena jalan – jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Alloh kepadamu agar kamu bertaqwa. ( Al an’am153)

TINGKATAN SURGA

Tingkatan surga tertinggi adalah tingkatan surga nabi Muhammad yaitu Al Wasilah” sebagaimana dalam hadist riwayat imam Muslim dari Amr bin al – Ash bahwa dia endengar Nabi bersabda,

“Apabila kalian mendengar muadzin( sedang beradzan) maka ucapkanlah seperti apa yang dia ucapkan kemudian bersholawatlah kepadaku satu kali maka Alloh akan bersholawat untuknya sepuluh kali. Kemudian mintalah untukku Wasilah Karena ia merupakan kedudukan di surga yang tidak layak kecuali hanya untuk seseorang hamba saja dari hamba – hamba Alloh, dan aku berharap orang itu adalah aku. Barangsiapa yang meminta untukku al – Wasillah maka dia berhak mendapat syafa’atku ( Riwayat Muslim )

PENGHUNI YANG MESUK AL JANNAH PALING AKHIR

Rosululloh bersabda:

” Sesungguhnya aku tahu penghuni terakhir yang paling akhir keluar dari neraka dan penghuni al jannah yang paling akhir masuk al jannah. Dia keluar dari neraka dengan merangkak Alloh berfirman kepadanya” Pergilah ke al jannah ( surga ) dan masuklah ke dalamnya!’ Orang tersebut bergegas pergi ke al jannah dan tergambar dalam pikirannya bahwa al jannah itu telah penuh sesak. Maka iapun kembali dan berkata kepada Alloh, Wahai RAbbku,aku dapati al jannah penuh! Alloh pun berfirman kepadanya ,” Pergilah ke al jannah dan masuklah ke dalamnya!’ Sesungguhnya engkau berhk atas nikmat sebesar dunia dan sepuluh kali lipatnya.’ Orang tersebut berkata, ‘ Wahai Rabbku,apakah Engkau mengejekku dan menertawakanku,karena Engkau sang Raja Penguasa?”

Abdullah bin Mas’ud berkata: ” Kulihat Rosulullah Shalallahu’alai wasallam tertawa hingga terlihat gigi gerahamnya. “Beliau bersabda ” itulah derajat penghuni al jannah yang paling rendah.” ( Riwayat Al Bukhari dan Muslim )

ORANG PERTAMA YANG MENGETUK PINTU AL JANNAH

Orang yang pertama kali mengetuk pintu al jannah, lalu membukanya kemudian memasukkinya adalah Rosululloh. Dari Anas bin Malik Rosululloh bersabda ” Saya adalah orang yang paling banyak pengikutnya pada hari kiamat dan saya adalah orang yang pertama kali mengetuk pintu al jannah. ” ( HR Muslim no 196 )

UMAT YANG MASUK AL JANNAH DAN CIRI – CIRINYA

Rosululloh Bersabda:

” Kita adalah umat terakhir namun paling awal pada hari kiamat. Kita adalah umat yang pertama kali masuk al jannah, meskipun mereka diberi kitab sebelum kita,dan kita di beri kitab sesudah mereka.”( Riwayat Muslim )

NAMA – NAMA SURGA

1. Darus Salam

2. Jannatu ‘Adn

3. Jannatu Khuld

4. Darul Muqamah

5. Jannatul Ma’wa

6. Jannatul Na’im

7. Al Muqamul Amin


Artikel Agama Islam Lainnya