Membahas tentang cinta adalah suatu pembahasan yang tidak akan pernah basi oeh siapapun dari usia yang muda sampai yang berusia tua, dari orang yang miskin sampai yang kaya… Bahkan dikalangan orang yang hidup di istana. Jadi ingat saat masih masa SMA dulu ada cerita yang sangat indah tentang cinta yang belum waktunya ( maksudnya islam itu mengajarkan bagaimana cara mencintai,dicintai dan sangat lengkap)

Definisi cinta sebenrnya apa sich definisi cinta itu??? Kalau cinta identik dengan nafsu maka yang terjadi adalah bisnis nafsu yang merusak makna cinta,karena cinta adalah milik ambisi dan pasangan nafsu,maka cinta jenis itu mendorong para pemujanya untuk mengejar yang dicintai. Segala yang ia cintai,harus menjadi miliknya. Sebenarnya definisi cinta menurut orang yang sholeh. Imam Ibnul Qoyyim mengatakan,” Tidak ada batasan cinta yang lebih jelas daripada kata cinta itu sendiri. Membatasi makna cinta,justru hanya akan menambah kabur dan kering maknanya. Makanya definisi cinta dan penjelasannya cinta tersebut tidak bisa dilukiskan hakikatnya secara jelas,kecuali dengn kata cinta itu sendiri ( elfatah edisi 8 2008)

Jika cinta di tinjau dari segi bahasa adalah mahabbah yang kemudia dibagi menjadi lima bagian lagi yaitu putih bersih,terus menerus dan konsisten,saripati sesuatu, menjaga dan menahan dari penceritaan di atas dapat disimpulkan bahwa

1. kecenderungan seluruh hati yang terus – menerus pada yang cintai

2. Kesediaan hati menerima segala keinginan orang yang dicitai

3. Kecenderungan untuk lebih mengutamakan orang yang dicintai daripada yang lainnya termasuk keluarganya

4. Pengembaraan hati karena mencari yang dicintai sementara lisan senatiasa menyebut – nyebut namanya

MENGEJAR CINTA

Kejarlah cinta sejati namun juga sadarlah bahwa sesungguhnya yang bukan zat cinta itu sendiri sesungguhnya yang di kejar adalah yang dicintai dengan segudang alasan logika,kemanusiaan,kewajaran,keberadaban hingga keagamaan,hanya alloh yang menciptakan segalanya termasuk diri kita wajib bagi kita untuk mencintainya melebihi apapun didunia ini seperti firman Alloh dalam surat albaqarah ayat 186 yang memrintahkan kita untuk mencintai Alloh lebih daripada yang lain.

Sahabatku yang cintai alloh aku pingin menceritalkan kepadamu tentang sebuah kisah nyata dalam hidupku semoga kau bisa mengambil ibroh dari cerita ini. Sehingga kamu tidak akan keras kepala sehingga dalam mencintai kamu akan sewajarnya saja tidak berlebihan dalam mencintai saudaramu di dunia ini yang lawan jenis tentunya. Saudaraku aku sangat mencintaimu karena Alloh oleh sebab itu aku tidak akan menjerumuskanmu dalam suatu kebodohan yang bisa mencelakakanmu tapi karena aku mencintaimu aku ingin menuliskan sebait nasihat yang semoga akan membuatmu mengerti apa itu cinta yang sejati………..

Sahabatku…

Janganlah menjadikan orang yang kamu cintai itu harus menjadi milikmu,Iklashkan hatimu untuk tunduk kepada perintah Alloh jika sudah masa datang waktu baligh yang sudah masanya dirimu menikah janganlah dirimu menundanya janganlah karena ingin menunggu seseorang yang kamu cintai untuk datang meminang karena sesungguhnya jodoh itu ditangan Alloh jangan memaksa kehendak Alloh karena kita hambanya. Taat kepada Alloh saat kita diuji dengan pilihan tetap bertahan dengan cinta yang kita anggap suci dan cinta karena alloh sesungguhnya dalam islam tidak ada cinta yang karena alloh selain dalam ikatan pernikahan,selebihnya itu adalah godaan syetan yang menghiasi hati manusia dengan keindahan dan ketidak taatan pada Alloh sesnugguuhnya hal itu yang membuat dirimu jauh dari Alloh karena kerasnya kepala dan hatiĀ  menuju pada satu cinta pada manusia. Saudaraku banyak sekali bahkan ribuan orang yang tidak menikah dengan orang dicintai pada awal mulanya tetapi dalam suatu riwayat yang diceritakan oleh ustad Armen Rohimallahu bahwa sesungguhnya perempuan yang baik disisi Alloh adalah perempuan yang subur,mudah untuk mencintai suaminya,dan juga mudah memaafkan suaminya. Aku pribadi menyimpulkan bahwa kalimat” mudah untuk mencintai suaminya adalah dulu awal menikah dia berniat karena Alloh yang mereka akhirnya bisa mencintai karena telah dipertemukan oleh Alloh dalam pernikahan dalam ikatan yang suci yang di rela berpisah dengan insan yang dicintainya karena Alloh karena dia lebih memilih Alloh daripada hambanya.

sahabatku…..

Aku sangat mengerti bagaimana perasaan dan rasa yang ada dalam hatimu saat ini. Yang jelas ada luka di hatimu luka yang tidak dapat kau menerti kenapa hatimu terluka. Tapi menertilah sahabatku bahwa Alloh yang mengetahui hatimu yang tunduk padanya atupun tunduk beribadah kepada orang yang kau cintai itu.. Demi Alloh aku sayang padamu sahabatku karena aku ingin memberimu nasihat ini ku tuliskan goresan ini. Pupuskanlah hatimu dan menerima kenyataan. Aku tidak tahu apa yang terjadi antara kalian tapi aku yakin bahwa hatimu adalah hati yang mudah menerima hidayah yang akan tunduk patuh pada apa yang Alloh putuskan.

Percayalah bahwa keajaiban jodoh itu ada… sibaklah tirainya dengan taqwa dengan tawakal pada Alloh. Sahhabatku obatilah luka hatimu dengan manisnya cinta yan akan membuaatmu lebih bersyukur juga manisnya cinta karena alloh

aku wasiatkan padamu juga sahabatku jika nanti dirimu menikah jangan meniru gaya pesta orang yang jahiliyyah orang yang tidak menerti syri’at islam yang mulia. Sahabatku aku tidak tahu kapan kau akan membaca nasihat ini tapi aku percaya Alloh akan menggerakkan hatimu untuk membacanya.

Buat sahabat – sahabatku MANISKA 05

Special for Dewan Ambalan angkatan 04 sukses buat kalian thanks untuk semuanya